Industri di Daulah Khilafah Wajib Dibangun di atas Asas Politik Perang


 

Soal:

Assalamu’alaikum wa rahmatullah barakatuhu.

Syaikhuna al-fadhil, Atha’ al-khair, semoga Allah memberi Anda umur panjang dan menguatkan langkah Anda.

Apa makna “industri dengan jenis-jenisnya di atas asas politik perang” Misal apa yang dinyatakan di buku Ajhizah Dawlah al-Khilâfah fî al-Hukmi wa al-Idârah, “… dan industri dengan jenis-jenisnya wajib dibangun  di atas asas politik perang”.

Adakah contoh atas hal itu?

Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepada Anda amiruna dan mendukung Anda dengan tentaranya dan pertolongannya dan memberikan kemenangan kepada Umat Islam melalui tangan Anda.

[Ahmad Banaftitah]

 

Jawab:

Wa’alaikumussalam wa rahmatullah wa barakatuhu.

Jawaban atas pertanyaan Anda ada di buku Ajhizah halaman 108 file word dan demikian juga di buku Muqaddimah ad-Dustûr juz i halaam 132 file word. Saya kutipkan apa yang ada tentang ini:

[Dan karena Daulah Islamiyah merupakan negara yang mengemban dakwah islamiyah melalui metode dakwah dan jihad, maka negara terus menerus siap untuk melakukan jihad. Dan ini menuntut industri di negara, industri berat atau ringan, dibangun di atas asas politik perang, sehingga jika diperlukan untuk mengubahnya ke industri yang menghasilkan industri perang dengan jenis-jenisnya maka mudah bagi negara melakukan hal itu kapan saja diinginkan. Oleh karena itu semua industri di Daulah al-Khilafah wajib dibangun di atas asas politik perang, dan semua pabrik baik yang menghasilkan industri berat atau menghasilkan industri ringan, dibangun di atas asas politik ini, untuk memudahkan pengalihan produksinya ke produksi perang kapan saja negara memerlukan hal itu] selesai.

Yakni bahwa semua pabrik di Daulah al-Khilafah harus dibuat ke arah yang sedemikian rupa memungkinkan roda produksinya dapat dengan mudah dialihkan untuk menghasilkan produk-produk yang berkaitan dengan aspek militer yang tidak diproduksinya dalam kondisi normal. Misalnya jika ada pabrik kendaraan sipil maka harus dibangun sedemikian rupa yang memungkinkan dari aspek teknis dan praktis untuk mengalihkan roda produksi di situ untuk membuat kendaraan militer yang digunakan oleh negara dalam perang melawan orang-orang kafir … Misalnya, jika ada pabrik pakaian, maka harus dibuat sedemikian rupa yang memungkinkan produksinya dapat dengan mudah dialihkan menjadi pembuatan pakaian militer… Begitulah, kebijakan (politik) pembangunan pabrik didasarkan pada politik perang dalam hal roda produksi, dan bangunan pabrik, dan dalam kemungkinan mencegah pemogokan di dalamnya, dan dalam kemungkinan bekerja di dalamnya di gedung bawah tanah … dll., di antara hal-hal yang ditentukan oleh para ahli dan diseupervisi oleh negara.

 

Saudaramu Atha’ bin Khalil Abu ar-Rasytah

 

15 Muharram 1445 H

02 Agustsu 2023 M

https://www.hizb-ut-tahrir.info/ar/index.php/ameer-hizb/ameer-cmo-site/90192.html

https://www.facebook.com/HT.AtaabuAlrashtah/posts/839403611080343

Posting Komentar untuk "Industri di Daulah Khilafah Wajib Dibangun di atas Asas Politik Perang"