FAKTA SOAL IBUKOTA BARU

 


Ini kota Naypyidaw atau Nay Pyi Taw ibu kota baru Myanmar. Dibangun tahun 2005 - 2008 oleh Junta Militer dengan biaya hampir 600 Triliun untuk menggantikan ibu kota lama Yangon. 

Tapi sekarang kota ini tak ubahnya kota hantu. Kita akan temui jalanan kota, mall, bandara, pagoda, dan semua fasilitas publik nan megah sepi dari pengunjung. 

Penyebabnya sedikit penduduk Myanmar yang mau pindah kesana, hanya dihuni 900rb orang, masih jauh dibawah Kota Bandung 2,4 juta jiwa. Mereka lebih memilih tinggal di Yangon yang berjarak 365 km atau 4 jam perjalanan darat. 

Tidak jauh berbeda dengan Putra Jaya, ibu kota baru Malaysia.  Uniknya Putra Jaya itu sangat bebas macet, penyebabnya tak lain karena sedikit kendaraan yang melintas. Apalagi jika malam hari tiba, sudah seperti kota hantu. 

Praktis sebagian besar penduduk Putra Jaya adalah PNS yang terpaksa tinggal di apartemen dinasnya. Daripada dipecat dari pekerjaannya. 

Turis saja agak malas ke Putra Jaya, meski disiapkan Kereta Cepat (KLIA) dan bus khusus turis dengan tiket sekitar Rp 60.000. Mereka lebih suka tinggal di Kuala Lumpur yang berjarak 20 km dari Putra Jaya. 

Hmm...apakah IKN akan bernasib sama? Itupun kalau selesai dibangunnya dan gak jadi "the lost city" or "The Mangkrak City" πŸ˜…






Posting Komentar untuk "FAKTA SOAL IBUKOTA BARU"